Belajar Strategi Digital Marketing Bersama Nf Computer di MSIB Kampus Merdeka

 Belajar Strategi Digital Marketing Bersama Nf Computer di MSIB Kampus Merdeka

Pada bulan Agustus 2022, KEMENDIKBUD membuka kembali program Kampus Merdeka batch 3. Tujuan diadakan program tersebut adalah untuk melatih kemampuan dan pengalaman terjun ke Industri bagi mahasiswa. Serangkaian kegiatan yang harus dilakukan sebelum mengikuti kegiatan Studi Independen adalah setiap mahasiwa melakukan seleksi terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh masing-masing mitra.

Alhamdulillah saya dinyatakan lolos program Studi Independen Bersertifikat pada Mitra PT. Nurul Fikri Cipta Inovasi (NF Computer) pada Pelatihan Akademi Digital Marketing. NF Computer merupakan salah satu mitra yang bergabung di program Kampus Merdeka.

NF Computer adalah bagian dari grup Nurul Fikri (PT. NCI) yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama 24 tahun di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Visi dari NF Computer adalah menjadi institusi pelatihan yang kompeten dan profesional di bidang pendidikan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai wilayah Indonesia. Serta memiliki misi membangun, memelihara dan mengembangkan institusi pelatihan bisnis berdaya saing tinggi, berkarakter profesional, kompeten, mengedepankan integritas dan tanggung jawab sosial, dengan mengembangkan dan menyediakan produk-produk pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi prima. Digital Marketing sendiri memiliki arti serangkaian aktivitas untuk mempromosikan suatu produk, baik barang atau jasa dengan menggunakan media digital berupa alat elektronik yang terhubung dengan internet, yang memiliki tujuan untuk menjangkau konsumen yang relevan secara tepat waktu.

Kegiatan kelas Akademi Digital Marketing

Pada program SIB, setidaknya memiliki 3 kegiatan utama yang dilakukan diantarannya adalah :

Pertama yaitu kegiatan mengenai pembekalan ilmu digital marketing secara mendalam dan menyeluruh yang disampaikan oleh pengajar dan mentor ahli yang sudah berpengalaman dibidang tersebut.  Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai persiapan dan menambah kemampuan mahasiswa di bidang digital marketing dan mengetahui strategi yang tepat untuk kegiatan digital marketing di era perkembangan teknologi. Selama kegiatan di SIB NF Computer setiap mahasiswa diberikan materi tentang pengantar digital marketing,riset pasar menggunakan teknologi, perilaku konsumen di era digital, kewirausahaan dan rencana bisnis, strategi digital marketing, web design, search engine optimization (SEO), riset keyword dan lain-lain.

Kedua yaitu kegiatan materi softskill. Tujuannya adalah agar mahasiswa memiliki keterampilan soft skill yang baik dan bermanfaat pada saat memasuki dunia kerja. Pembekalan materi softskill diberikan setiap minggunya dengan mempelajari team work, communication skill, time management, creative thinking, problem solving dan pengembangan diri.

Ketiga, yang sangat penting di kegiatan SIB adalah pengerjaan final proyek. Pada kegiatan ini mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama belajar ke sebuah project bisnis baru yang kemudian dipasarkan menggunakan media digital marketing.

Kegiatan Presentasi Final Project

Selama kegiatan final project, saya adalah anggota dari kelompok 4 yang mana ketua nya adalah Rafael habis. Setiap kelompok diberikan tugas masing-masing. Di project ini saya diberikan tugas sebagai mengelola konten gambar dan memasarkan produk melalui facebook marketplace. Kelompok kami mengusung ide final project produk Hijab Segi Empat Bahan Voal Premium dengan nama usaha nya yaitu Rumah Hijab by Hellowhera. Rumah Hijab memiliki arti sebagai toko yang menjual produk segi empat bahan voal premium yang menyediakan berbagai macam warna polos dan berlokasi di Cikampek serta tempat nya masih dirumah. Produk hijab kita pasarkan melalui media sosial Facebook, Instagram, Blogspot, Marketplace Shopee dan Whatsapp Bisnis. Dari kelima media sosial masing-masing memiliki tujuan dan target yang harus dicapai. Akan tetapi, dari kelima media sosial tersebut hanya ada 3 yang tercapai yaitu Instagram yang mana tujuannya adalah meningkatkan brand image dengan cara mencari meningkatkan followers sebanyak 100, dan akun Instagram dari @_rumahijab.id sudah memiliki 155 followers yang artinya sudah tercapai target kami. Selanjutnya ada marketplace facebook yang bertujuan untuk mempermudah proses penjualan dan untuk menjangkau konsumen. Hasil dari marketplace facebook sudah tercapai karena ada banyak konsumen yang bertanya mengenai produk kami. Lalu ada Whatsapp bisnis yang juga memiliki tujuan untuk mempermudah komunikasi antara penjual dengan konsumen dan hasil nya sudah tercapai sesuai target. Tetapi meskipun ada sebagian yang tercapai, project bisnis ini belum menghasilkan laba yang besar, dan harapan dari kelompok kami untuk kedepannya semoga project penjual hijab segi empat voal premiun dapat berkembang.

Itulah pengalaman saya selama mengikuti program MSIB Kampus Merdeka di mitra NF Computer. Program ini sangat bagus untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakat nya di bidang Digital Marketing. Semoga artikel ini bermanfaat.


Komentar