Belajar Strategi Digital Marketing Bersama Nf Computer di MSIB Kampus Merdeka
Pada bulan
Agustus 2022, KEMENDIKBUD membuka kembali program Kampus Merdeka batch 3.
Tujuan diadakan program tersebut adalah untuk melatih kemampuan dan pengalaman
terjun ke Industri bagi mahasiswa. Serangkaian kegiatan yang harus dilakukan
sebelum mengikuti kegiatan Studi Independen adalah setiap mahasiwa melakukan
seleksi terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh
masing-masing mitra.
Alhamdulillah
saya dinyatakan lolos program Studi Independen Bersertifikat pada Mitra PT. Nurul
Fikri Cipta Inovasi (NF Computer) pada Pelatihan Akademi Digital Marketing. NF
Computer merupakan salah satu mitra yang bergabung di program Kampus Merdeka.
NF Computer
adalah bagian dari grup Nurul Fikri (PT. NCI) yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia
selama 24 tahun di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Visi dari
NF Computer adalah menjadi institusi pelatihan yang kompeten dan profesional di
bidang pendidikan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai wilayah
Indonesia. Serta memiliki misi membangun, memelihara dan mengembangkan
institusi pelatihan bisnis berdaya saing tinggi, berkarakter profesional,
kompeten, mengedepankan integritas dan tanggung jawab sosial, dengan
mengembangkan dan menyediakan produk-produk pendidikan dan pelatihan teknologi
informasi dan komunikasi prima. Digital Marketing sendiri memiliki arti
serangkaian aktivitas untuk mempromosikan suatu produk, baik barang atau jasa
dengan menggunakan media digital berupa alat elektronik yang terhubung dengan
internet, yang memiliki tujuan untuk menjangkau konsumen yang relevan secara tepat
waktu.
Pada program SIB, setidaknya memiliki 3 kegiatan utama yang dilakukan
diantarannya adalah :
Pertama yaitu kegiatan mengenai pembekalan ilmu digital marketing secara
mendalam dan menyeluruh yang disampaikan oleh pengajar dan mentor ahli yang
sudah berpengalaman dibidang tersebut.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai persiapan dan menambah
kemampuan mahasiswa di bidang digital marketing dan mengetahui strategi yang
tepat untuk kegiatan digital marketing di era perkembangan teknologi. Selama kegiatan
di SIB NF Computer setiap mahasiswa diberikan materi tentang pengantar digital
marketing,riset pasar menggunakan teknologi, perilaku konsumen di era digital,
kewirausahaan dan rencana bisnis, strategi digital marketing, web design,
search engine optimization (SEO), riset keyword dan lain-lain.
Kedua yaitu kegiatan materi softskill. Tujuannya adalah agar mahasiswa
memiliki keterampilan soft skill yang baik dan bermanfaat pada saat memasuki
dunia kerja. Pembekalan materi softskill diberikan setiap minggunya dengan mempelajari
team work, communication skill, time management, creative thinking, problem
solving dan pengembangan diri.
Ketiga, yang sangat penting di kegiatan SIB adalah pengerjaan final proyek.
Pada kegiatan ini mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menerapkan
ilmu yang telah didapat selama belajar ke sebuah project bisnis baru yang kemudian
dipasarkan menggunakan media digital marketing.
Selama kegiatan final project, saya adalah anggota dari kelompok 4 yang mana
ketua nya adalah Rafael habis. Setiap kelompok diberikan tugas masing-masing. Di
project ini saya diberikan tugas sebagai mengelola konten gambar dan memasarkan
produk melalui facebook marketplace. Kelompok kami mengusung ide final project produk
Hijab Segi Empat Bahan Voal Premium dengan nama usaha nya yaitu Rumah Hijab by
Hellowhera. Rumah Hijab memiliki arti sebagai toko yang menjual produk segi empat
bahan voal premium yang menyediakan berbagai macam warna polos dan berlokasi di
Cikampek serta tempat nya masih dirumah. Produk hijab kita pasarkan melalui media
sosial Facebook, Instagram, Blogspot, Marketplace Shopee dan Whatsapp Bisnis.
Dari kelima media sosial masing-masing memiliki tujuan dan target yang harus
dicapai. Akan tetapi, dari kelima media sosial tersebut hanya ada 3 yang tercapai
yaitu Instagram yang mana tujuannya adalah meningkatkan brand image dengan cara
mencari meningkatkan followers sebanyak 100, dan akun Instagram dari @_rumahijab.id
sudah memiliki 155 followers yang artinya sudah tercapai target kami.
Selanjutnya ada marketplace facebook yang bertujuan untuk mempermudah proses
penjualan dan untuk menjangkau konsumen. Hasil dari marketplace facebook sudah
tercapai karena ada banyak konsumen yang bertanya mengenai produk kami. Lalu
ada Whatsapp bisnis yang juga memiliki tujuan untuk mempermudah komunikasi
antara penjual dengan konsumen dan hasil nya sudah tercapai sesuai target.
Tetapi meskipun ada sebagian yang tercapai, project bisnis ini belum
menghasilkan laba yang besar, dan harapan dari kelompok kami untuk kedepannya semoga
project penjual hijab segi empat voal premiun dapat berkembang.
Itulah pengalaman saya selama mengikuti program MSIB Kampus Merdeka di mitra
NF Computer. Program ini sangat bagus untuk mahasiswa yang ingin mengembangkan minat
dan bakat nya di bidang Digital Marketing. Semoga artikel ini bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar